Friday, November 18, 2016

Pergulatan Muslim Komunis Sebuah Otobiagrafi Dari Hasan Raid

Dari tulisan singkat mengenai pengalaman semasa hidupnya tentang pergulatan antara paham komunis dan muslim. Hasan Raid sebagai tokoh utama, anggota PKI dan juga beliau merupakan seorang agamis serta memahami islam dengan kuat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Hasan Raid ikut serta dalam PKI ialah karena dalam paham PKI sendiri secara terbuka mengemukakan bahwa yang menjadi persoalan ialah mengenai hubungan manusia satu dengan setelah manusia ada.
Menurut kacamata PKI sejak masyarakat terpisah alam kelas-kelas, maka telah berlangsung hubungan yang tidak normal antara kaum yang satu dengan kaum yang lain. Hubungan yang tidak normal inilah yang coba untuk dihapuskan oleh PKI. Alasan yang lainnya ialah ditinjau dari aspek keagamaan yang bertolak dari sebuah Hadits Nabi Muhammad yang artinya “jika aku berikan perintah kepadamu mengenai agama maka ikutilah dan aku menyampaikan seseatu hal yang berasal dari pendapaku sendiri, ingatlah bahwa aku adalah seorang manusia”. Al Saraksi dalam bukunya Al-Ushul menafsirkan sebagai berikut ”jika aku memberitahu tentang hal agama, kerjakanlah menurut keteranganku dan jika aku memberitahu tentang keduniaan maka sesungguhnya kamu lebih tahu tentang urusan keduniaanmu”.
            Setelah sekian lama berkecimpung dalam PKI kurang lebih sepertiga dari usia beliau maka beliau mulai merenungkan apakah aku sudah di jalan yang benar dalam urusan dunia? Atau aku dengan kata lain aku sudah di jalan yang tepat masuk PKI sedangkan aku beragama Islam? Apakah aku keliru memperjuangkan kepentingan kaum tertindas untuk melenyapkan penindasan sesama atau dihapusnya sistem Kapitalisme yang menghalalkan manusia memakan darah yang mengalir dalam tubuh manusia lain? Apakah aku harus memasuki partai yang memakai merek agama, sedangkan partai tersebut tidak memperjuangkan dihapusnya penindasan sesama kaum? Sampai pada titik puncak beliau menyimpulkan bahwa tejunnya aku kedalam PKI telah sejalan dengan petunjuk surat Al-Radu ayat 11 tentang usaha suatu kaum merubah keadaan dari kaum tertindas menjadi kaum tak tertindas. Itulah bentuk pengadianku kepada yang maha pencipta.
Analisis kelompok :

            Menurut kelompok kami hal yang dilakukan oleh Hasan Raid sudah benar, walaupun ada sedikit keraguan untuk memilih antara kehidupan dunia untuk akherat, maksudnya disini ialah Hasan Raid memiliki pertimbangan sebelum beliau memilih untuk masuk PKI demi kehidupan akherat (faktor agama) yang membela kaum tertindas. Keikutsertaan Hsan Raid dalam PKI adalah karena kondisi sosial dan politik pada saat itu. Di satu sisi beliau memilih PKI dengan maksud untuk kesetaraan kaum. Akan tetapi tidak mengenal agama. Dalam PKI agama merupakan hubungan pribadi yang besangkutan dengan sang Khalik. Di sisi lain beliau ragu untk memilih partai yang bermerek agama, tetapi tidak memperjuangkan dihapusnya penindasan sesama kaum. Setelah pemahaman antara Al-Quran sesuai dengan komitmen kemanusiaan maka Hasan Raid menyimpulkan kebenaran sebagai kebenaran meskipun datangnya darimanapun atau siapapun karena bersumber kebenaran itu ada pada ALLAH SWT.

No comments:

Post a Comment