Thursday, July 21, 2016

Historiografi Zaman Romantik

Abad ke 19 juga dikenal sebagai zaman Romantik. Pada zaman ini adalah pertarungan keras demi objektifitas akal budi telah dirusak melalui pemujaan modern terhadap nafsu dan kegeniusan’ Munculnya Romantisisme ditandai dengan adanya hukum adat di Jerman, munculnya kebudayaan di lnggris dan Jerman.
Zaman Romantik adalah mulai munculnya kembali perhatian terhadap masa lampau Eropa pada abad Pertengaban. Golongan romantik dalam melihat masa lalu cenderung itu dengan rasa kekaguman dan simpati yang sama keadaannya dengan yang dirasakan oleh penganut paham kemanusiaan terhadap zaman purba, Yunani-Romawi. Romantisisme dalam historiografi adalah kebalikan dan rasionalisme.

Tokoh-Tokoh Histoiografi abad XIX:
  1. Johann Gottfried Herder (1 7441819):
Johann Gottfried Herder, mempunyai jasa besar dalam mempelajari sejarah dari sudut Filsafat Menurutnya, tujuan alam menciptakan manusia adalah melahirkan makhluk yang rasional, dengan sendirinya tabiat manusia berkembang Hasil tulisannya adalah Ideas For The Philosophy Of History Mankind. lsinya diantara rasionalisme dan romantisme.
  1. Immanuel Kant (1724-1804)
Kant menggabungkan sudut pandang zaman kesadaran dengan romantik seperti beliau menggabungkan rasionalisme dengan empirisme di dalam teori ilmu pengetahuan. Karyanya antara lain: Idea of Universal History dan Of Perpetual Peace.’, Menurutnya tujuan alam menciptakan manusia adalah untuk mengembangkan keakhlakan, supaya perjalanan sejarah menusia dapat dilihat amalan bagi perkembangannya.
  1. Fredrich Schiller (1759-1805)
Schiller banyak dipengarubi oleh pemikiran Kant. Schiller adalah seorang penyair, dramawan dan sejarawan Karyanya antara lain: History of Rebellion of the Nethrelands against the Spanish Rule dan The History of the Thirty Years ‘ War.

  1. Johann Gottlieb Fichte (17624814)
Karyanya adalah Characteristics of the Present Age dan Address to the German Nation. Dalam bukunya yang pertama berisi tentang perbedaan antara sejarah dan filsafat sejarah Dan yang kedua memberi dorongan timbulnya nasionalisme Jerman

Ciri-ciri historiografi zaman Romantik
  • Penghargaan kembali pada zaman Pertengahan
  • Munculnya filsafat sejarah
  • Munculnya teori “orang Besar”
  • Timbulnya Nasionalisme
  • Munculnya liberalisme sebagai akibat revolusi Inggris pada abad ke-17, Revolusi Amerika, Revolusi Perancis, Perang Kemerdekaan Prusia, dan Revolusi pada 1830 serta 1848.

Romantisisme memunculkan pemikiran untuk menggali identitas masa lampau dari suatu bangsa, identitas masa lampau ini pada perkembangannya akan digunakan untuk membedakan dengan bangsa lain Yang kemudian akan melahirkan adanya Nasionalisme di suatu bangsa.

No comments:

Post a Comment