Monday, July 11, 2016

Hubungan Politik dengan Ilmu Sosial

  1. Hubungan Ilmu Politik dengan Sosiologi
Sosiologi membantu sarjana politik dalam memecahkan persoalannya, karena Ilmu Politik membutuhkan latar belakang, susunan, dan pola kehidupan sosial. Itu semua ada dalam Sosiologi. Ilmu Politik dan Sosiologi sama-sama mempelajari negara dan mempunyai pandangan yang sama yaitu bahwa negara dapat membuat asosiasi dan sebagai pengendalian.


  1. Hubungan Ilmu Politik dengan Antropologi
Hubungan kedua ilmu tersebut berada di dalam bidang teori yaitu dalam menunjukan perbedaan struktur sosial serta pola-pola kebudayaan yang berbeda-beda pada tiap-tiap masyarakat dan Antropologi sangat berpengaruh dalam ilmu politik. Pengaruhnya sarjana politik dapat mengembangkan pembinaan teori-teori atas dasar kenyataan yang telah diamatinya.

  1. Hubungan Ilmu Politik dengan Filsafat
Filsafat adalah suatu ilmu yang mencari jawaban yang rasional dan sistematis tentang manusia dan alam semesta. Sedangkan Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari negara terutama mengenai sifat hakiki, asal mula, dan nilai. Hubungan antara kedua ilmu tersebut sangat erat karena dalam Filsafat negara dalam Ilmu Politik diartikan sebagai alam semesta, dan etika dalam Filsafat sangat erat hubungannya dengan Ilmu Politik.

  1. Hubungan Ilmu Politik dengan Ilmu Ekonomi
Sarjana Ekonomi dapat belajar dari Ilmu Politik tentang politik manakah yang baik disusun untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan sarjana politik dapat meminta petunjuk dari sarjana ekonomi tentang syarat-syarat ekonomis dalam menjalankan kehidupan yang demokratis.

  1. Hubungan Ilmu Politik dengan Ilmu Hukum
Ilmu Hukum dan Ilmu Politik mengatur dan mematangkan Undang-Undang yang merupakan suatu kewajiban yang penting.

  1. Hubungan Ilmu Politik dengan Psikologi Sosial
Psikologi Sosial dapat memberikan analisa-analisa tentang kegiatan manusia dalam Ilmu Politik. Selain itu Psikologi Sosial menjelaskan sikap dan reaksi kekompokterhadap keadaan yang dianggap baru, asing maupun perlawanan tentang konsensus masyarakat mengenai suatu gejala sosial.

  1. Hubungan Ilmu Politik dengan Sejarah

Sejarah merupakan alat yang paling penting bagi Ilmu Politik, karena sejarah memberikan data atau fakta dari masa lampau untuk ditinjau lebih lanjut. Ilmu Politik memerlukan fakta dari masa lampau dipakai untuk menemukan pola-pola ulangan yang dapat membantu untuk menentukan suatu proyeksi bagi masa depan.

No comments:

Post a Comment